Cara Riset Keyword Yang Benar Untuk Blog

Cara Reset Keyword Yang Benar Untuk Blog

Ketika kita membaca artikel ini, pasti yang kita cari adalah tentang cara meriset keyword atau kata kunci untuk mencari judul yang pas agar artikel kita berada di rating teratas google, atau berada di halaman pertama. Karena memang, keyword merupakan salah satu alasan untuk mendongkrak pengunjung.




Nah, jika kita ingin mendapatkan pengunjung yang berlimpah ruah masuk ke blog kita. maka ada banyak faktor yang harus kita perhatikan dalam teknik SEO, salah satunya adalah meriset kata kunci. Riset kata kunci itu terkadang sulit terkadang mudah. akan tetapi jika kita terus konsisten melakukannya, tentu hal tersebut akan semakin mengenakan. karena seiring berjalannya waktu, skil kita akan semakin terlatih dalam meriset kata kunci.


baiklah, saya akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah untuk meriset kata kunci.



#1. Menentukan Kata Kunci


Sebelum kita meriset kata kunci, ada baiknya kita tentukan dulu kata kunci yang diinginkan. Karena hal tersebut merupakan kerangka pemikiran yang sedang kita bangun untuk membuat sebuah rumah, yaitu rumah yang terdiri dari susunan paragraf yang memuat banyak kata kunci. Oleh Karena itu, artikel yang paling berkualitas yang dapat bertengger sekian lama di halaman awal Google, adalah mereka yang paling banyak menyisipkan kata kunci di setiap artikelnya.



#2. Buat Kata Kunci Yang Baik


Seperti apakah kata kunci yang baik itu ?
Kata kunci yang baik ialah kata kunci yang pencariannya sangat tinggi di Google, akan tetapi memiliki saingan yang sedikit. Nah, jika kita ingin memiliki kata kunci yang seperti itu, tentunya kita tidak bisa asal-asalan. karena hal tersebut, akan membuat artikel kita tenggelam oleh blog-blog raksasa.

Bagi blog pemula atau usia blognya baru seumur jagung, ada baiknya kata kunci yang digunakan lebih dari 3 kata. Karena semakin banyak kata kunci, akan memiliki saingan yang sedikit. Tentunya hal tersebut, berpeluang bagi artikel kita untuk bertengger di halaman awal.




#3. Gunakan Keyword Tools


Menggunakan keyword Tools atau website penyedia jasa kata kunci merupakan cara terbaik agar artikel kita semakin bagus di mata Google. Nah, adapun aplikasi atau website penyedia kata kunci antara lain :


1. Google Auto Suggestion


Apa yang dimaksud dengan Google Auto Suggestion ? Google auto Suggestion merupakan informasi kata kunci relevan yang tampil di bawah kotak pencarian google. Ketika kita mencari suatu artikel, maka biasanya di bawah akhir halaman akan terlihat beberapa pencarian yang relevan. Itulah yang dinamakan Google Auto Suggestion.


Cara Reset Keyword Yang Benar Untuk Blog

Lihat gambar di atas, sangat kelihatan bukan antara kata kunci terkait dengan kata kunci yang kita ketikan ? Nah, kata kunci tersebut bisa kita jadikan sumber rujukan untuk judul artikel kita sebagai tambahan varian kata. Meskipun GAS (Google Auto Suggestion) mengumpulkan banyak kata kunci, tapi kekurangannya adalah ia tidak bisa memunculkan berapa jumlah pencarian yang ada pada kata kunci tersebut.


Terus, bagaimana kalau kita ingin mengetahui jumlah pencarian dalam setiap kata kunci ? Tenang, saya akan menjelaskannya. Yaitu ada pada Google Keyword Planner. Apa itu Google Adword Keyword Planner (GAKP) ?



2. Google Adwords Keyword Planner




Cara Reset Keyword Yang Benar Untuk Blog

Google Adwords Keyword Planner merupakan sebauh tool yang terdapat di dalam google Adword, yakni tool yang disediakan khusus oleh Google untuk membantu para pengiklan menemukan kata kunci yang sering digunakan pemakai internet untuk melakukan pencarian. Nah, sebenarnya GAKP ini hanya diperuntukan untuk pengiklan google atau advertiser google saja, akan tetapi ternyata keberadaanya dapat juga digunakan untuk meriset kata kunci yang paling banyak di cari oleh pengunjung internet.


Dan memang memiliki hubungan antara pengiklan di google dengan pembuatan artikel. Karena iklan tidak akan tayang tanpa adanya bantuan sebuah artikel.



Adapun kelebihan menggunakan GAKP ini, kita akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap di mulai dari jumlah pencarian untuk setiap kata kunci yang muncul, prediksi kompetitor, dan juga nilai iklan untuk sebuah kata kunci. Menarik bukan ?



3.. Menggunakan Uber Suggest




Cara Reset Keyword Yang Benar Untuk Blog

Tool ketiga untuk menentukan kata kunci yang benar untuk artikel kita adalah dengan menggunakan  Uber suggest. Sebenarnya tool ini hampir mirip dengan Google Auto suggestion, tapi perbedaannya kalau tool ini dapat memperlihatkan kata kunci relevan lainnya yang sering digunakan pengunjung dunia maya untuk melakukan pencarian. Seperti di Google, Yahoo, youtube, bing, ataupun di mesin pencari lainnya.




Kelebihan Uber suggest adalah bahwa Tool ini  dapat menampilkan kata kunci relevan kita umpan dalam jumlah yang sangat banyak, jika GAS hanya bisa menampilkan 5 kata kunci saja, namun ubbersuggest  dapat menampilkan seluruh kata kunci terkait yang sesuai dengan kata kunci yang kita inginkan.


Untuk menggunakan tool ini, caranya sangat mudah. Kita tinggal buka saja halaman situs ubersuggest.io, lalu  masukan kata kunci yang ingin kita target. Setelah itu klik pencarian. Maka robok Ubersuggest akan menampilkan seluruh informasi kata kunci yang relevan dengan apa yang telah kita ketik barusan.



4. Memakai Google Trends



Google Trends merupakan aplikasi online yang juga bisa kita gunakan untuk meriset kata kunci yang paling banyak dicari di Google.  Aplikasi ini merupakan tool khusus yang dapat menampilkan kata kunci yang sering digunakan pengguna internet untuk melakukan pencarian di mesin pencari google.


Kelebihan dari Google trends cukup lengkap. Karena informasi dari kata kunci yang ditampilkan lengkap dengan grafik trendnya. yaitu sebuah grafik popularitas kata kunci dari priode sekian sampai sekian. Jelas, hal tersebut memberi informasi berharga bagi kita selaku blogger karena kita dapat mengetahui tingkat kepopuleran kata kunci dalam periode tertentu, sehingga kita dapat meriset kata kunci yang memiliki tren minimal stabil atau meningkat dari waktu ke waktunya.

\
Itulah cara meriset kata kunci yang benar sebelum menulis artikel. Terima Kasih, Semoga Bermanfaat !

Post a Comment

3 Comments

  1. Keren sekali Artikel Cara Riset Keyword Dengan Benar Untuk Blog ini dan sangat membantu sekali untuk menambah ilmu saya.

    ReplyDelete
  2. Artikel Riset Keyword Seperti ini yang sebenarnya harus diperbanyak, agar para blogger pemula seperti saya bisa berkembang.

    ReplyDelete